Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Cara Unik Belajar Tanpa Harus Kuliah Lagi


 


Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak cuma kangen dengan teman-teman atau peristiwa asyik lainnya, namun kau juga pasti rindu belajar dan mendapatkan ilmu baru. Bisa kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, tetapi enggak semua dari kita bisa kembali ke bangku kuliah karena alasan tertentu. Tapi enggak melanjutkan kuliah ke tingkatan berikutnya bukan berarti kau enggak dapat terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kau dapat mendapatkannya dengan gampang di era digital ini. Berikut cara-metode unik untuk belajar tanpa wajib kuliah lagi yang dapat kau terapkan!

7 Metode Unik Untuk Belajar Tanpa Sepatutnya Kuliah

#1. Mendengarkan podcast
Untuk kau cewek yang sibuk berprofesi, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di jeda-sela kesibukanmu. Kau bisa mengatasi persoalan itu dengan memperdengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, berkhasiat, dan dapat menambah ilmumu, lalu kau dapat mendengarkannya dikala berada di kendaraan biasa menuju kantor atau di dikala jam makan siang.

#2. Update informasi dan tren terupdate
Ini mungkin terdengar sepele, melainkan enggak ada yang lebih bikin kamu menonjol terampil dan knowledgeable kecuali up-to-date dengan informasi dan popularitas terupdate yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu ketika bermain hp untuk membuka portal info dan baca kabar tiap pagi untuk mengenal apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Turut seminar atau pelatihan
Kamu berkeinginan menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kamu berharap memacu passion kamu di luar profesi kantoranmu? Bisa! Sekarang sudah banyak sekali pelatihan atau seminar yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minatmu. Dijamin kau akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube memiliki banyak konten menarik yang dapat bikin kau nyaman duduk di sofa seharian sambil memperhatikan ke layar ponselmu. Sebaiknya pakai waktumu dikala membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kamu akan dapat banyak pembelajaran segera dari ponselmu, tanpa semestinya beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang dapat menambah ilmumu.

#6. Serta komunitas
Ilmu yang paling fresh yaitu ilmu yang kita dapat secara segera dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan kelompok sosial lokal. Enggak cuma kau dapat memperluas pergaulanmu dengan bertemu orang baru, namun kamu juga bisa belajar atau mendengar seketika dari orang-orang komunitas hal yang demikian.

#7. Kursus online
Jika kamu yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa mesti kuliah, membuat rumusan, atau melakukan tugas lagi seperti masa kuliah, melainkan enggak berkeinginan duduk di kelas, kamu bisa mengambil kursus online. Telah tersedia banyak banget loh, kursus online yang free atau berbayar. Pastinya mempermudah kau yang ingin mendapat sertifikat akademis sah tanpa wajib kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait Tentang leerebookes.com

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15

Comments on “Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Cara Unik Belajar Tanpa Harus Kuliah Lagi”

Leave a Reply

Gravatar